Sabtu, 05 Desember 2015

UPPKS

Kapan UPPKS hadir?
Dimulai sejak tahun 1979 melalui wadah UPPKA (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor) dalam rangka mewujudkan NKKBS (Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera). Sejak tahun 1994 berkembang menjadi UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera)
Di mana UPPKS berada?
Kelompok UPPKS tersebar di seluruh pelosok Nusantara. Data Kelompok UPPKS dapat diakses melalui Wet Online BKKBN. http://databasis.bkkbn.go.id/uppks
Siapa saja anggota Kelompok UPPKS
Terdiri atas para peserta KB khususnya keluarga Pra Sejahtera dan Keluarga Sejahtera I, maupun keluarga yang belum menjadi peserta KB peserta KB pria, dan Remaja serta masyarakat sekitarnya yang berminat untuk ikut mengembangkan kegiatan Kelompok UPPKS tersebut.
Bagaimana UPPKS melakukan aktivitasnya?
Kelompok UPPKS melalui perangkat BKKBN didorong, diajak, difasilitasi dan didampingi untuk memanfaatkan segala sumber daya lokal (bahan baku, keahlian/kemampuan anggota, permintaan pasar, sumber pembiayaan dan lain sebagainya) untuk melakukan kegiatan pembelajaran dan atau peningkatan kegiatan ekonomi produktif.
Peningkatan kapasitas kemampuan anggota dan kelompok menjadi salah satu fokus kegiatan, di samping memfasilitasi mengakses modal kerja dari mitra serta menjalin kemitraan dengan elemen pendukung usaha dari berbagai kalangan di tingkat lokal maupun nasional.
Sumber Permodalan
APBN - APBD I, II – PEGADAIAN (KRISTA) – BRI (KUR) – PMPN MANDIRI – BANK MANDIRI
Pada sasarnya, setiap Kelompok UPPKS diharapkan pada akhirnya untuk mandiri, namun demikian BKKBN dapa memfasilitasi bantuan modal usaha yang bersumber dari berbagai pihak antara lain dari Swadaya, APBN/APBD, Perbankan, BUMN/BUMD, dan Dana Program Pemerintah, Sektor Swasta /CSR. Untuk bisa memperoleh bantuan modal usaha, Kelompok UPPKS harus terdaftar dalam Data basis Kelompok. Agar dana dimanfaatkan secara bertanggung jawab, maka bantuan/kredit yang benar-benar mempunyai kegiatan usaha ekonomi produktif dan dikelola sebaik-baiknya.
Sistem pembianaan
Pembinaan diharapkan dilaksanakan oleh BKKBN bekerjasama dengan lintas sektor terkait pusat/daerah, perguruan tinggi dan lembaga pemberdayaan masyarakat.
PLKB/PKB, Kader KB dan pendamping yang kemampuan untuk memotivasi Kelompok UPPKS sangat berperan dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berwirausaha dan meningkatkan cakupan dan kualitas kelompok UPPKS, karena unsur-unsur tersebut berhubungan langsung dan sebagai petugas lini lapangan terdepan dalam membina dan mendampingi usaha kelompok UPPKS.
Keberhasilan usaha Kelompok UPPKS menjadi bahan pembinaan bagi para pembina yang pada akhirnya mengarahkan anggota kelompok menjadi peserta KB Mandiri, peserta KB Lestari dan menjadi motivator KB di wilayahnya.

PRODUK UPPKS

0 komentar:

Posting Komentar